Mengenal Cryptocurrency

Mengenal Cryptocurrency Bagi Pemula – Anda mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin atau Ethereum, dan mungkin bahkan Ripple, tetapi sebenarnya ada lebih dari seribu koin dan token berbeda yang tersedia.

Bahkan, menurut Wikipedia, ada lebih dari 1.384 cryptocurrency yang digunakan di seluruh dunia. Itu banyak crypto!
Jadi, mengapa tidak ditambahkan ke paket? Yah, Anda mungkin bisa setelah saya mengajari Anda cara membuat cryptocurrency. Sebelum memulai, ada tiga hal yang perlu Anda ketahui:
  • Anda perlu ide yang baik: Membangun token / koin demi membangun token / koin pasti gagal. Ini perlu memiliki tujuan (perlu menambahkan nilai ke dunia).
  • Anda harus mendapatkan kepercayaan orang: Untuk melakukan ini, Anda perlu membangun ‘komunitas’. Ini adalah kode berikut untuk cryptocurrency Anda. Mempertahankan komunitas crypto adalah kerja keras, jadi perhatikan baik-baik poin ini.
  • Anda perlu tahu sedikit tentang pengodean dan keamanan kripto: Ya, Anda dapat menyewa ‘bakat’, tetapi Anda perlu memahami bagaimana token / koin Anda akan berfungsi.
  • Pada akhir panduan ini: Anda akan memahami dasar-dasar cara membuat cryptocurrency, dan pentingnya membangun kepercayaan dengan orang-orang yang mendukung cryptocurrency Anda!


Panduan ini juga akan membantu Anda memahami betapa pentingnya memiliki ide dan tujuan yang baik untuk crypto Anda (dan mengapa Anda perlu banyak uang tunai untuk membantu mendanai proyek ini!).
Jadi, jika Anda menginginkan jawaban atas pertanyaan, “cara membuat cryptocurrency”: baca terus! Selamat datang di cara membuat tutorial cryptocurrency Anda sendiri!

Cara Membuat Cryptocurrency: Cara Memulai

‘Memulai’ yang sesungguhnya dimulai dengan ide Anda, tetapi kita akan membahasnya nanti. Pertama, mari kita bicara sedikit tentang teknologi.
Ada dua cara utama menciptakan cryptocurrency:
  • Bangun blockchain Anda sendiri – ini akan memiliki ‘koin’ sendiri
  • Gunakan NEO, Ethereum, atau platform serupa untuk membuat aplikasi – ini akan memiliki ‘token’ sendiri
    Jadi, hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah apakah Anda akan membuat “token” atau “koin”. Apakah Anda akan mulai dari awal? Atau membangun token pada teknologi yang sudah dipercaya dan tersedia?
Koin dan token sama-sama cryptocurrency. Perbedaannya adalah: koin milik blockchain sendiri, sedangkan token dibangun di atas blockchain yang ada. Jadi, bisa ada ribuan token yang dibangun ke blockchain, sedangkan hanya ada satu koin.
Berikut ini beberapa koin yang paling populer:
  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Monero
  • NEO
Beberapa teknologi blockchain ini dapat digunakan untuk membantu membuat token. Blockchain yang paling populer untuk membangun aplikasi dan token adalah Ethereum.

Ethereum dan NEO: Pilihan Terpopuler untuk Token

Token yang dibangun di Ethereum disebut token ERC-20. Ethereum blockchain adalah bidang permainan yang bagus untuk pembuat token karena Ethereum blockchain adalah yang pertama yang menawarkan layanan ini dan dipercaya dengan sangat baik.
NEO sangat mirip, tetapi menggunakan token standar NEP-5, dan memungkinkan orang menggunakan blokir NEO untuk membuat aplikasi dan token. Ini adalah platform paling populer kedua!
Ethereum mungkin memiliki kepercayaan dan keunggulan popularitas, tetapi NEO memiliki keuntungan tersendiri. Di NEO, Anda dapat membangun dengan banyak bahasa pemrograman yang berbeda, termasuk C ++ dan Java. Di Ethereum, Anda hanya dapat membangun menggunakan Solidity (bahasa pemrograman Ethereum sendiri).
Ini berarti bahwa pengembang yang menggunakan NEO tidak harus mempelajari bahasa baru, dan dapat menggunakan bahasa yang sudah mereka kenal.
Jadi, mana yang lebih Anda sukai? Jika Anda ingin menggunakan Ethereum, Anda harus mempelajari Soliditas. Jika Anda menggunakan NEO, Anda dapat menggunakan bahasa yang sudah ada yang mungkin sudah Anda kenal.
Kabar baiknya adalah: Kesolidan tidak harus sulit dipelajari. Ini dirancang agar mirip dengan Python, JavaScript, dan C ++ untuk membuatnya lebih mudah dipelajari.
Selain itu, anda perlu pelatihan Soliditas interaktif yang mengajarkan Anda bahasa dengan menunjukkan cara membuat game Soliditas Anda sendiri selangkah demi selangkah. Ini adalah cara baru dan menyenangkan untuk dipelajari: itu disebut Space Doggos.

Cara Membuat Cryptocurrency: Membangun ‘Coin’ vs. Membangun ‘Token’

Memutuskan apakah Anda membutuhkan koin atau token adalah pilihan besar: itu menentukan banyak hal untuk proyek Anda, termasuk jumlah uang yang harus Anda belanjakan.
Membuat koin (yang membutuhkan membangun blockchain dari awal) sangat mahal dan membutuhkan banyak waktu. Anda juga membutuhkan tim pengembang yang luar biasa!
Namun, jika Anda tidak memerlukan blockchain Anda sendiri, Anda cukup membuat token. Dengan cara ini, daripada membangun blockchain Anda sendiri, Anda dapat membangun sebuah aplikasi yang berjalan pada blockchain yang ada – seperti Ethereum atau NEO.
Ya, membuat token dan aplikasi (aplikasi dApp / desentralisasi) masih membutuhkan banyak waktu, uang, dan tim pengembang yang hebat. Tapi, jauh lebih mudah dan lebih murah untuk dilakukan daripada membuat koin / membangun blockchain Anda sendiri!


Cara Membuat Cryptocurrency: Initial Coin Offerings (ICOs)

Ketika sebuah perusahaan tradisional memutuskan untuk go public di bursa saham, perusahaan menawarkan Penawaran Publik Perdana – yang merupakan cara untuk mengumpulkan dana dengan imbalan saham.
Yah, Initial Coin Offerings (ICOs) sangat mirip. ICO adalah bagaimana perusahaan-perusahaan yang menguasai blockchain mengumpulkan dana untuk proyek crypto mereka. Tapi bukannya para investor yang membeli saham, mereka menerima “token”.
Menciptakan cryptocurrency itu mahal, jadi ICO bisa sangat, sangat membantu. Dan karena sektor kripto saat ini sangat populer, sekarang bisa menjadi saat yang tepat untuk memulai!
Mendapatkan kepercayaan memainkan peran besar dalam keberhasilan ICO. ICO yang paling sukses adalah yang memiliki tim pengembang / pendiri yang kuat dan peta jalan yang solid. Peta jalan memberi tahu investor apa rencana proyek yang akan dicapai di masa depan, dan bagaimana mereka berencana menggunakan dana tersebut.
Sekarang, mari kita lihat lebih dalam tentang cara membuat cryptocurrency. Tapi pertama-tama, saya akan membuat beberapa asumsi.
  • Anda tidak memiliki jutaan dolar di bank untuk membuat cryptocurrency blockchain Anda sendiri “koin”
  • Anda lebih memilih mengambil rute yang lebih mudah dan membuat dApp dan token dengan membangun pada blockchain yang sudah ada dan tepercaya
Jadi, saya akan tetap dengan versi yang kurang teknis, lebih murah dan kurang ekstrim tentang cara membuat cryptocurrency. Berikut cara membuat ‘token’.

Cara Membuat Cryptocurrency: Awal

ICO menawarkan cara cepat untuk mengumpulkan dana untuk proyek Anda, tetapi itu tidak akan mudah. Agar berhasil memulai cryptocurrency baru melalui ICO, berikut ini yang Anda butuhkan:
  • ‘Ide besar’ – bagaimana proyek blockchain Anda dapat membantu industri tertentu? Masalah apa yang akan dipecahkannya?
  • Tim pengembangan yang kuat untuk membuat token ERC-20 atau NEP-5 Anda
  • Tim pengembangan yang kuat untuk membuat kontrak pintar ICO Anda – ketika pengguna mengirim crypto ke kontrak pintar Anda, kontrak cerdas mengirimkan jumlah yang tepat dari token Anda kepada mereka
  • Audit eksternal profesional – ini untuk memeriksa bahwa token dan kontrak pintar Anda aman sehingga Anda tidak diretas
  • Buku putih yang ditulis dengan baik – ini adalah dokumen yang menyajikan ide Anda, masalah yang diselesaikannya, peta jalannya, dan cara kerjanya / teknologi yang digunakannya
  • Kampanye pemasaran – situs web, media sosial, pengembangan komunitas pra – & – penjualan, forum, dan media
  • Tim manajemen komunitas
Mari kita lihat mengapa Anda membutuhkan semua hal ini untuk membuat proyek cryptocurrency yang sukses.

Cara Membuat Cryptocurrency: Ide Besar

Ini adalah pusat dari proyek Anda! Anda perlu memikirkan bagaimana dapp Anda akan membantu dalam industri yang Anda targetkan. Apakah Anda berencana untuk menghapus perantara saat ini (seperti bank atau broker)? Apakah Anda ingin memecahkan masalah dunia nyata (seperti kemiskinan atau kurangnya pendidikan)?
Anda perlu berpikir tentang masalah nyata dan bagaimana teknologi blockchain dapat menyelesaikannya. Jika proyek Anda tidak memiliki manfaat nyata, lalu mengapa ada yang mau berinvestasi atau menggunakannya? Jika Anda ingin menciptakan nilai, Anda harus menambahkan nilai.
Berikut adalah beberapa industri yang mungkin membuat otak Anda mengalir dengan ide-ide: Penyimpanan File, Layanan Konten, Asuransi, Pemasaran Komunikasi Peer-to-Peer, Keuangan, Medis dan Energi / Listrik. Semua industri ini dapat dibantu secara masif menggunakan teknologi blockchain melalui dApps.

Cara Membuat Cryptocurrency: Tim Pengembangan

Memilih pengembang yang tepat untuk kontrak token dan smart Anda dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Anda harus sangat berhati-hati dan memilih pengembang yang dapat Anda percayai untuk melakukan pekerjaan dengan baik.
Idenya adalah faktor kunci pertama, tetapi itu tidak berguna tanpa tim yang bagus. Anda membutuhkan tim yang berbakat untuk membantu mewujudkan ide Anda! Saya akan merekomendasikan hanya mempekerjakan orang dengan pengalaman bertahun-tahun bekerja dengan teknologi blockchain.
Untuk membuat kontak yang Anda butuhkan, Anda harus berusaha untuk menjadi lebih terlibat dalam komunitas blockchain. Saya sarankan pergi ke acara blockchain, berhubungan dengan orang-orang baru dan membangun hubungan dalam industri. Ini akan membantu Anda menemukan orang yang tepat untuk bergabung dengan proyek Anda!

Cara Membuat Cryptocurrency: Kontrak Pintar

Kontrak pintar memainkan peran besar dalam proyek cryptocurrency Anda. Bagi mereka yang tidak tahu apa itu kontrak pintar, izinkan saya menjelaskan secara singkat …
Kontrak cerdas seperti kontrak tradisional; kecuali digital, berjalan di blockchain, dijalankan secara otomatis, dan tidak dapat diubah.
Di dalam kontrak yang cerdas, aturan ditulis. Dalam kontrak pintar ICO, aturannya mungkin seperti IF, pengguna mengirim 1 ETH ke kontrak pintar, MAKA kontrak cerdas mengirim 100 token kepada pengguna itu.
Karena kontrak pintar beroperasi secara otomatis, tidak ada pihak ketiga yang mengendalikannya. Ini berarti pengguna tidak harus mempercayai Anda.
Sebaliknya, mereka mempercayai kontrak cerdas, yang hanya merupakan kode. Jika kode benar, itu tidak bisa menipu Anda. Jadi, pengguna tahu bahwa mereka akan selalu membayar jumlah token yang tepat dan bahwa mereka akan menerimanya tepat waktu.
Aturan kontrak pintar ditulis oleh pengembang Anda, jadi Anda harus memutuskan aturan ini tergantung pada bagaimana Anda ingin ICO Anda berfungsi.

Cara Membuat Cryptocurrency: Audit Eksternal Profesional

Seperti saya katakan beberapa saat yang lalu, kontrak cerdas hanyalah kode. Ini sama untuk token. Jadi, bagi pengguna untuk mempercayai kode, mereka harus tahu itu aman. Inilah sebabnya mengapa Anda membutuhkan audit profesional.
Tidak hanya itu berarti pengguna / investor dapat merasa aman, tetapi itu juga berarti Anda dapat merasa aman – Anda tidak ingin menghabiskan semua uang itu untuk kontrak cerdas dan pengembangan token hanya untuk mendapatkan peretasan, bukan?
Ini adalah langkah penting yang membawa legitimasi ke proyek Anda. Audit ini sering disebut sebagai audit keamanan ICO, dan Anda bisa mendapatkannya dari perusahaan seperti Jaminan Praktis. Selalu pastikan bahwa perusahaan audit yang Anda pilih kredibel dan memiliki sejarah panjang.
Mendapatkan ICO Anda diverifikasi dengan audit profesional akan membantu mempromosikan proyek cryptocurrency Anda. Ini mempromosikan fakta bahwa proyek Anda mengikuti standar industri dan kebijakan perlindungan data – menambah nilai ekstra untuk proyek Anda. Ini langkah yang penting!

Cara Membuat Cryptocurrency: Buku Putih yang Ditulis dengan Baik

Jika Anda ingin belajar cara membuat cryptocurrency Anda sendiri, Anda harus tahu cara membuat whitepaper yang bagus. Ketika saya mengatakan yang baik, maksud saya benar-benar bagus – buku putih apa yang akan digunakan investor untuk menilai proyek Anda.
Membuat buku putih yang bagus untuk disajikan kepada publik harus menjadi salah satu prioritas utama Anda. Jika ICO aktif tetapi tidak memiliki whitepaper, Anda harus sangat berhati-hati!
Jadi, mari kita lihat apa yang membuat buku putih ICO yang brilian. Menurut penelitian VentureBeat, sebuah whitepaper harus mengikuti format ini:
  • Semua whitepaper harus dalam format PDF – kertas putih PDF dapat diakses pada sistem dan browser yang berbeda tanpa mengkhawatirkan masalah format / struktur dan tata letak.
  • Penghitungan halaman – semua kertas putih harus memiliki dua versi. Sebuah whitepaper biasa (20-100 halaman) dan litepaper (sekitar 2-8 halaman). Sebuah litepaper hanyalah versi lebih pendek dari whitepaper – ini menyoroti semua informasi kunci.
  • Tata bahasa yang baik adalah suatu keharusan – Jika Anda memiliki masalah dengan ini, mengapa tidak menyewa proofreader eksternal whitepaper?
  • Bahasa – kertas putih Anda harus dalam berbagai bahasa. Pekerjakan penerjemah sehingga Anda dapat merilis whitepaper Anda dalam bahasa yang paling populer. Saya merekomendasikan bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, Jepang dan Korea. Jika Anda bisa berbuat lebih banyak, lakukanlah!
Jawab pertanyaan berikut:
  • Apa ide Anda?
  • Mengapa ide / solusi Anda dibutuhkan?
  • Dana ICO apa yang akan digunakan?
  • Kapan token dirilis sehingga mereka dapat diperdagangkan dan terdaftar di bursa?
  • Kapan proyek akan selesai? (Tunjukkan garis waktu terperinci tentang langkah-langkah yang akan Anda ambil dari ICO untuk keberhasilan proyek!)
  • Siapa tim Anda? Apa yang telah mereka lakukan di masa lalu? Bagaimana mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan itu?
Baca juga : Belajar Main Bitcoin dari Orang Kaya didunia

No comments