PELUANG BISNIS KOSMETIK
Di tengah ketidakpastian dalam industri ritel, bisnis kosmetik dan kecantikan justru semakin meroket. Menurut The
NPD Group, perusahaan yang berfokus pada market research, bisnis
kosmetik berhasil menyumbang sebanyak 45 persen dari total keuntungan industri
ritel pada tahun lalu.
Bisnis kosmetik diprediksi akan menjadi yang terdepan dalam industri ritel
untuk beberapa tahun ke depan. Artinya, ini merupakan kesempatan emas bagi Anda
yang ingin memulai bisnis ini. Akan tetapi, tanpa strategi yang bagus,
membangun bisnis kosmetik juga bisa menjadi bumerang bagi Anda, apalagi saat
ini semakin banyak kemunculan brand kosmetik yang menawarkan konsep dan
strategi pemasaran yang unik dan kreatif.
Supaya bisa memenangkan persaingan antar-bisnis kosmetik, Anda harus membuat
perencanaan yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips yang kami rangkum
untuk menemani perjalanan Anda dalam membangun bisnis kosmetik dan kecantikan.PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
1. Ikuti Trend & Pahami Kebutuhan Konsumen
Anda tidak dapat membangun bisnis kosmetik yang sukses tanpa mengikuti
perkembangan trend. Jika Anda ingin selangkah lebih maju dari kompetitor
Anda, maka usahakan untuk lebih up-to-date daripada mereka. Anda bisa
berlangganan di berbagai situs web kecantikan yang terkenal untuk mengetahui
produk terbaru yang mereka keluarkan.
Jangan lupa untuk membaca berbagai rubrik fashion, menonton video
tentang makeup di YouTube, dan mengikuti berita baru seputar kosmetik di
media sosial. Ini akan membantu Anda mengembangkan ide mengenai produk makeup
seperti apa yang akan digemari oleh konsumen.
Anda juga bisa membuat survei untuk mencari tahu produk kosmetik seperti apa
yang konsumen butuhkan saat ini, apa yang belum mereka dapatkan dari brand
kosmetik yang sudah ada saat ini, dan mengapa mereka memilih untuk menggunakan
produk makeup dari brand tertentu. Ini dapat membantu Anda untuk
berinovasi pada produk kosmetik Anda.
2. Tentukan Image yang Ingin Anda Lekatkan pada Brand Anda
Kesan seperti apa yang Anda harapkan ketika seseorang mendengar nama
brand Anda? Anda harus memikirkan citra seperti apa yang ingin Anda bangun
dengan matang. Apakah Anda ingin agar brand Anda dikenal sebagai brand
yang ramah lingkungan? Apakah Anda ingin agar orang-orangnya mengenalnya
sebagai brand yang mempromosikan women’s empowerment ?
Konsumen lebih memilih brand yang peduli dengan isu-isu yang
berkaitan dengan sosial dan lingkungan daripada yang tidak. Jadi, ada baiknya
jika Anda juga memperhatikan berbagai isu penting di sekitar Anda dan
menunjukkan kepedulian Anda terhadap isu tersebut melalui brand Anda..PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
Rihanna mengetahui apa yang belum ditawarkan oleh brand lain dan apa
yang paling dibutuhkan oleh kebanyakan konsumen saat ini. Banyak perempuan
berkulit gelap yang mengeluh bahwa mereka kesulitan menemukan produk makeup
yang cocok untuk kulit mereka, karena kebanyakan produk kosmetik hanya tersedia
dalam warna yang terang. Inilah yang membedakan Fenty Beauty dari brand kosmetik
lain, meskipun saat ini mereka berusaha menerapkan konsep yang sama.
4. Permudah Konsumen untuk Menemukan Brand Anda
Di era digital ini, orang-orang menggunakan banyak channel untuk
berbelanja. Generasi millennial yang mungkin merupakan mayoritas dari
konsumen Anda tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Jadi, pastikan Anda
memudahkan mereka untuk menemukan brand Anda secara online.
Tiru apa yang dilakukan oleh Elizabeth Arden. Brand ternama yang
telah eksis di industri kecantikan selama lebih dari 100 tahun ini lebih
dikenal sebagai brand kecantikan untuk wanita dewasa, akan tetapi kini mereka
juga menargetkan konsumen yang berusia lebih muda dengan mempromosikan produk
mereka melalui situs e-commerce mereka dan media sosial seperti
Instagram.
3. Berikan Sentuhan yang Berbeda pada Produk Make-Up Anda
Saat ini jumlah brand kecantikan yang ada di pasaran nyaris tak
terhitung lagi. Semuanya berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang berbeda dari
merek lain demi membuat brand mereka unik. Lakukan riset tentang apa
yang dilakukan oleh brand kosmetik lain supaya Anda dapat menciptakan
ide-ide lain yang lebih unik. Tidak masalah jika Anda ingin menerapkan konsep
yang mirip dengan konsep yang mereka gunakan, tetapi cobalah untuk memberikan
sesuatu yang baru.
Anda mungkin bisa mengambil contoh dari brand kosmetik yang
diciptakan Rihanna, Fenty Beauty. Di saat merek lain menghadirkan lebih banyak
warna terang untuk foundation, Fenty Beauty membuat gebrakan baru dengan
mengeluarkan warna foundation yang lebih beragam dan cocok untuk
diaplikasikan ke setiap warna kulit, terutama yang berwarna gelap. .PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
Selain menjual produk kosmetik Anda di situs e-commerce Anda dan
media sosial, Anda juga bisa menjualnya di berbagai marketplace.
Menambah sales channel dapat membantu meningkatkan brand awareness
dan penjualan Anda.Untuk mempermudah Anda mengelola pesanan, melihat data penjualan, dan
mengatur persediaan produk di setiap marketplace, pertimbangkan untuk
menggunakan solusi otomatis.
5. Ciptakan Customer Experience yang Unik
Saat ini konsumen tidak hanya mementingkan produk, tetapi juga pengalaman
yang mereka dapatkan. Coba Anda perhatikan, jika Anda pergi ke mall, maka
Anda bisa melihat bahwa orang-orang lebih suka berkunjung ke toko makeup
yang menyediakan customer service yang baik, biasanya melalui konsultasi
atau percobaan makeup gratis.
Akan tetapi, karena hampir seluruh toko makeup memberikan servis yang
sama, jadi sebaiknya Anda memikirkan sesuatu yang berbeda. Anda bisa meniru ide
kreatif dari Sephora. Brand kosmetik populer asal Prancis ini menyediakan
aplikasi bernama Virtual Artist yang memungkinkan pelanggannya untuk mencoba
produk makeup mereka secara virtual.
Sephora juga mengintegrasikan pengalaman online dan offline
dengan mengizinkan pelanggannya untuk membeli produk di situs web mereka dan
mengambilnya di toko mereka. Selain itu, mereka juga menyediakan chatbot
yang berperan sebagai makeup consultant bagi pelanggan mereka. Dengan customer
experience yang inovatif seperti ini, tidak heran bila revenue
mereka meningkat sebanyak 11% pada tahun lalu.
6. Prioritaskan Keamanan pada Produk Kosmetik Anda
Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jaminan keamanan pada
produk kosmetik Anda. Pastikan bahwa produk kosmetik Anda memenuhi
standar keamanan dan mendapatkan izin dari BPOM. Oleh karena itu, sangatlah
penting untuk menguji produk makeup Anda terlebih dahulu sebelum Anda
memasarkannya ke publik. Waspadai bahan-bahan yang sudah
tidak dianjurkan ada dalam kosmetik.
7. Pilih Brand Ambassador yang Tepat
Bekerja sama dengan influencer dan menjadikan mereka sebagai brand
ambassador adalah hal yang lumrah dilakukan oleh berbagai brand
untuk memasarkan produk mereka. Jika Anda merasa Anda harus merangkul seorang
brand ambassador untuk membantu mempromosikan produk Anda, maka pilihlah
seseorang yang relevan dengan produk Anda.
Jangan hanya memilih brand ambassador berdasarkan ketenaran mereka
tanpa memperhatikan reputasi mereka atau relevansi mereka dengan brand Anda.
Pastikan bahwa mereka mampu menjadi representatif yang baik dan membantu
memberikan citra yang positif untuk brand Anda. .PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
Post a Comment