PELUANG BISNIS KOSMETIK

Di tengah ketidakpastian dalam industri ritel, bisnis kosmetik dan kecantikan justru semakin meroket. Menurut The NPD Group, perusahaan yang berfokus pada market research, bisnis kosmetik berhasil menyumbang sebanyak 45 persen dari total keuntungan industri ritel pada tahun lalu. 

https://office-ourcitrus.blogspot.com


Bisnis kosmetik diprediksi akan menjadi yang terdepan dalam industri ritel untuk beberapa tahun ke depan. Artinya, ini merupakan kesempatan emas bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini. Akan tetapi, tanpa strategi yang bagus, membangun bisnis kosmetik juga bisa menjadi bumerang bagi Anda, apalagi saat ini semakin banyak kemunculan brand kosmetik yang menawarkan konsep dan strategi pemasaran yang unik dan kreatif. 
Supaya bisa memenangkan persaingan antar-bisnis kosmetik, Anda harus membuat perencanaan yang matang. Berikut ini adalah beberapa tips yang kami rangkum untuk menemani perjalanan Anda dalam membangun bisnis kosmetik dan kecantikan.PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI

1. Ikuti Trend & Pahami Kebutuhan Konsumen

Anda tidak dapat membangun bisnis kosmetik yang sukses tanpa mengikuti perkembangan trend. Jika Anda ingin selangkah lebih maju dari kompetitor Anda, maka usahakan untuk lebih up-to-date daripada mereka. Anda bisa berlangganan di berbagai situs web kecantikan yang terkenal untuk mengetahui produk terbaru yang mereka keluarkan. 
Jangan lupa untuk membaca berbagai rubrik fashion, menonton video tentang makeup di YouTube, dan mengikuti berita baru seputar kosmetik di media sosial. Ini akan membantu Anda mengembangkan ide mengenai produk makeup seperti apa yang akan digemari oleh konsumen.
Anda juga bisa membuat survei untuk mencari tahu produk kosmetik seperti apa yang konsumen butuhkan saat ini, apa yang belum mereka dapatkan dari brand kosmetik yang sudah ada saat ini, dan mengapa mereka memilih untuk menggunakan produk makeup dari brand tertentu. Ini dapat membantu Anda untuk berinovasi pada produk kosmetik Anda.

2. Tentukan Image yang Ingin Anda Lekatkan pada Brand Anda

Kesan seperti apa yang Anda harapkan ketika seseorang mendengar nama brand Anda? Anda harus memikirkan citra seperti apa yang ingin Anda bangun dengan matang. Apakah Anda ingin agar brand Anda dikenal sebagai brand yang ramah lingkungan? Apakah Anda ingin agar orang-orangnya mengenalnya sebagai brand yang mempromosikan women’s empowerment
Konsumen lebih memilih brand yang peduli dengan isu-isu yang berkaitan dengan sosial dan lingkungan daripada yang tidak. Jadi, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan berbagai isu penting di sekitar Anda dan menunjukkan kepedulian Anda terhadap isu tersebut melalui brand Anda..PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
Rihanna mengetahui apa yang belum ditawarkan oleh brand lain dan apa yang paling dibutuhkan oleh kebanyakan konsumen saat ini. Banyak perempuan berkulit gelap yang mengeluh bahwa mereka kesulitan menemukan produk makeup yang cocok untuk kulit mereka, karena kebanyakan produk kosmetik hanya tersedia dalam warna yang terang. Inilah yang membedakan Fenty Beauty dari brand kosmetik lain, meskipun saat ini mereka berusaha menerapkan konsep yang sama.

4. Permudah Konsumen untuk Menemukan Brand Anda

Di era digital ini, orang-orang menggunakan banyak channel untuk berbelanja. Generasi millennial yang mungkin merupakan mayoritas dari konsumen Anda tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Jadi, pastikan Anda memudahkan mereka untuk menemukan brand Anda secara online
Tiru apa yang dilakukan oleh Elizabeth Arden. Brand ternama yang telah eksis di industri kecantikan selama lebih dari 100 tahun ini lebih dikenal sebagai brand kecantikan untuk wanita dewasa, akan tetapi kini mereka juga menargetkan konsumen yang berusia lebih muda dengan mempromosikan produk mereka melalui situs e-commerce mereka dan media sosial seperti Instagram.

3. Berikan Sentuhan yang Berbeda pada Produk Make-Up Anda

Saat ini jumlah brand kecantikan yang ada di pasaran nyaris tak terhitung lagi. Semuanya berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang berbeda dari merek lain demi membuat brand mereka unik. Lakukan riset tentang apa yang dilakukan oleh brand kosmetik lain supaya Anda dapat menciptakan ide-ide lain yang lebih unik. Tidak masalah jika Anda ingin menerapkan konsep yang mirip dengan konsep yang mereka gunakan, tetapi cobalah untuk memberikan sesuatu yang baru.
Anda mungkin bisa mengambil contoh dari brand kosmetik yang diciptakan Rihanna, Fenty Beauty. Di saat merek lain menghadirkan lebih banyak warna terang untuk foundation, Fenty Beauty membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan warna foundation yang lebih beragam dan cocok untuk diaplikasikan ke setiap warna kulit, terutama yang berwarna gelap. .PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI
Selain menjual produk kosmetik Anda di situs e-commerce Anda dan media sosial, Anda juga bisa menjualnya di berbagai marketplace. Menambah sales channel dapat membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan Anda.Untuk mempermudah Anda mengelola pesanan, melihat data penjualan, dan mengatur persediaan produk di setiap marketplace, pertimbangkan untuk menggunakan solusi otomatis.

5. Ciptakan Customer Experience yang Unik

Saat ini konsumen tidak hanya mementingkan produk, tetapi juga pengalaman yang mereka dapatkan. Coba Anda perhatikan, jika Anda pergi ke mall, maka Anda bisa melihat bahwa orang-orang lebih suka berkunjung ke toko makeup yang menyediakan customer service yang baik, biasanya melalui konsultasi  atau percobaan makeup gratis.
Akan tetapi, karena hampir seluruh toko makeup memberikan servis yang sama, jadi sebaiknya Anda memikirkan sesuatu yang berbeda. Anda bisa meniru ide kreatif dari Sephora. Brand kosmetik populer asal Prancis ini menyediakan aplikasi bernama Virtual Artist yang memungkinkan pelanggannya untuk mencoba produk makeup mereka secara virtual.
Sephora juga mengintegrasikan pengalaman online dan offline dengan mengizinkan pelanggannya untuk membeli produk di situs web mereka dan mengambilnya di toko mereka. Selain itu, mereka juga menyediakan chatbot yang berperan sebagai makeup consultant bagi pelanggan mereka. Dengan customer experience yang inovatif seperti ini, tidak heran bila revenue mereka meningkat sebanyak 11% pada tahun lalu.

6. Prioritaskan Keamanan pada Produk Kosmetik Anda

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jaminan keamanan pada produk kosmetik Anda.  Pastikan bahwa produk kosmetik Anda memenuhi standar keamanan dan mendapatkan izin dari BPOM. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menguji produk makeup Anda terlebih dahulu sebelum Anda memasarkannya ke publik. Waspadai bahan-bahan yang sudah tidak dianjurkan ada dalam kosmetik.

7. Pilih Brand Ambassador yang Tepat

Bekerja sama dengan influencer dan menjadikan mereka sebagai brand ambassador adalah hal yang lumrah dilakukan oleh berbagai brand untuk memasarkan produk mereka. Jika Anda merasa Anda harus merangkul seorang brand ambassador untuk membantu mempromosikan produk Anda, maka pilihlah seseorang yang relevan dengan produk Anda.
Jangan hanya memilih brand ambassador berdasarkan ketenaran mereka tanpa memperhatikan reputasi mereka atau relevansi mereka dengan brand Anda. Pastikan bahwa mereka mampu menjadi representatif yang baik dan membantu memberikan citra yang positif untuk brand Anda. .PELUANG BISNIS KOSMETIK KLIK DISINI

No comments