Tips Jitu Cara Cepat Berhenti Merokok


Bewara Pasundan Tips Jitu Cara Cepat Berhenti Merokok Berhenti merokok berarti memberi diri kesempatan untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Jika Anda berniat menghentikan kebiasaan buruk ini, tapi masih belum berhasil dengan satu cara, jangan cemas. Masih banyak cara lain yang dapat dicoba untuk meraih kemenangan. Kegagalan untuk berhenti merokok tidak menjadikan Anda selamanya terbelenggu oleh rokok. Bisa jadi keberhasilan diraih dengan memadukan beberapa cara sekaligus. Coba perhatikan beberapa langkah di bawah ini karena mungkin bisa menjadi jalan keluar Anda.


Tips Jitu Cara Cepat Berhenti Merokok

Mengelola stres
Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok. Setelah merokok, seseorang merasa butuh hal lain untuk membuat rileks. Cobalah beberapa cara untuk meredakan ketegangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres.

Hindari pemicu
Sedapat mungkin hindari faktor yang dapat membuat Anda kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

Baca Juga : Penyebab Sulitnya Behenti Merokok

 Terapi Penggantian Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy / NRT)
Berhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut.
NRT bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin. Media NRT beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, atau tablet, atau bisa dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

Obat-obatan yang diresepkan
Dokter dapat meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi hasrat untuk merokok dengan cara memengaruhi proses kimia di otak. Obat ini juga membuat merokok menjadi tidak lagi memuaskan. Tersedia juga obat yang dapat membantu meredakan efek berhentinya asupan nikotin, seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

Libatkan keluarga dan teman dekat
Beri tahu kerabat dan lingkaran pertemanan dekat bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok. Dukungan orang lain dapat begitu berperan dalam membantu Anda berhenti merokok. Mereka yang akan mengingatkan dan membantu menjaga situasi menjadi lebih kondusif.

Terapi perilaku

Terapi perilaku adalah bentuk konseling yang membantu mengidentifikasi dan fokus pada strategi berhenti merokok. Terapi ini dilakukan dengan bicara pada konselor atau sekelompok grup pendukung. Untuk memaksimalkan keberhasilan, terapi ini dapat dipadukan dengan terapi penggantian nikotin dan/atau obat-obatan.

Membersihkan rumah
Bersihkan rumah dari aroma rokok dan segala hal yang dapat mendukung Anda merokok dalam jumlah banyak. Cuci pakaian, sprai, karpet, atau tirai yang mengandung aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan untuk membantu menghilangkan bau asap rokok.

Terus berusaha
Berulang kali gagal berhenti merokok adalah kondisi yang umum terjadi. Gagal sekali bukan berarti Anda tidak mungkin berhasil lepas dari rokok. Banyak orang yang akhirnya baru dapat berhenti selamanya setelah mencoba beberapa kali.

Olahraga
Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat akan nikotin. Begitu ingin merokok, kenakan sepatu olahraga Anda dan mulailah lakukan aktivitas olahraga, seperti sepakbola, lari, bahkan sekedar jalan kaki. Bergabung ke dalam klub kebugaran yang berisi orang-orang yang hidup sehat juga dapat banyak membantu.

Pola makan sehat
Hindari melakukan diet sambil mencoba berhenti merokok untuk menghindari kegagalan dalam kedua hal tersebut. Fokus saja dalam mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Kedua kelompok makanan ini membuat rokok menjadi terasa tidak lagi memuaskan. Selain itu, sayur dan buah juga membuat tubuh menjadi lebih sehat, suatu kondisi yang selaras dengan tujuan Anda berhenti merokok, bukan?

Pikirkan keuntungannya
Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari berhenti merokok, seperti:
  • Tubuh yang lebih sehat. Berhenti merokok berarti menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat risiko serangan jantung, serta paru-paru yang lebih sehat.
  • Adanya dana lebih yang tadinya digunakan untuk membeli rokok.
  • Hilangnya bau mulut tidak sedap akibat rokok.
  • Kulit yang lebih cerah dan bersih.
  • Keluarga termasuk anak-anak di sekitar Anda terhindar dari bahaya merokok secara pasif.
Semangati diri sendiri dengan mengingat manfaat-manfaat di atas.

Hipnosis
Hipnosis adalah proses memfokuskan pikiran dalam keadaan rileks untuk mengubah perilaku. Oleh karena praktiknya yang berbeda-beda, maka sulit untuk meneliti apakah prosedur ini benar-benar efektif membuat seseorang berhenti merokok. Namun sebagian orang mengaku telah merasakan manfaatnya. Jika ingin mencoba, dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan seorang terapis hipnosis profesional.

Akupunktur
Penggunaan akupunktur sebagai bentuk terapi berhenti merokok biasa diterapkan pada bagian  telinga. Meski keefektifannya belum terbukti secara ilmiah, namun tidak ada salahnya mencobanya sesuai instruksi seorang terapis berlisensi.
Jika berhenti seketika terasa sulit, maka sebagai langkah awal, Anda bisa mengurangi frekuensi dan jumlah rokok yang diisap per hari, sambil menetapkan target mingguan hingga akhirnya benar-benar bisa terbebas dari efek rokok yang aditif.

Tips Jitu Cara Cepat Berhenti Merokok
Jika belum bisa berhenti merokok sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, memang Belum ada penelitian dalam skala besar yang menyatakan bahwa susu dan soda dapat membersihkan atau mengurangi nikotin didalam paru-paru. Nikotin adalah bahan adiktif yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau lainnya. Menurut American Heart Association, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Nikotin bisa menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, membuat usaha berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan. Salah satu cara untuk menghentikan kecanduan adalah dengan membersihkan nikotin yang ada dalam tubuh.

Berikut akan dibahas cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh. Silakan klik next untuk melanjutkan. Baca Juga : Penyebab Sulitnya Behenti Merokok

Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

1. Minum banyak air

Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengkonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.

2. Olahraga
Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin. Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali perminggu. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.

3. Perbanyak buah dan kurangi fast food
Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.

4. Hindari alkohol
Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merokok kembali.

Demikian  Tips Jitu Cara Cepat Berhenti Merokok diambil dari beberapa sumber semoga bermanfaat.Baca Juga : Penyebab Sulitnya Behenti Merokok