Tips Agar Lemari Es Awet dan Tetap Dingin

BEWARA PASUNDAN. Ketika membersihkan dapur, lemari es merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan mengingat fungsinya yang vital dalam menjaga bahan makanan. Masakan basi dan bahan makanan kedaluwarsa dapat menyebarkan jamur dan bakteri ke makanan lainnya sehingga meningkatkan risiko keracunan makanan. Risikonya semakin tinggi jika sumber pencemaran di dalam kulkas adalah daging dan ikan mentah yang berpotensi menyebarkan bakteri E. coli dan salmonela. Dengan mengikuti cara perawatan kulkas yang benar, Anda bisa melindungi semua anggota keluarga dari gangguan kesehatan akibat kontaminasi makanan

Cara perawatan kulkas


Kalau kulkas Anda memiliki rak dan laci yang dapat dilepas, tangani bagian-bagian ini terlebih dulu. Lepas rak dan laci kulkas, lalu rendam di dalam ember berisi air hangat bercampur sabun cuci piring. Untuk noda membandel, Anda dapat memakai pembersih yang dirancang khusus untuk kulkas, pembersih antibakteri yang aman digunakan di sekitar makanan, atau bahan-bahan alami.

Anda dapat membeli produk pembersih khusus untuk kulkas dari toko-toko. Pilihlah produk yang dikemas dalam botol semprot agar mudah digunakan dan yang tidak berbahaya digunakan di dekat makanan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda dapat menyemprotkannya langsung ke makanan. Sebagai alternatif, gunakan pembersih dapur multifungsi yang dapat diandalkan, seperti Cif, dan aman digunakan di dekat makanan. Semprotan disinfektan juga dapat digunakan, tetapi hindari apa pun yang mengandung zat kimia yang keras, terutama produk karbol.

Sebagian orang memilih cara merawat kulkas yang lebih alami. Bagian dalam kulkas dapat dibersihkan menggunakan campuran bubuk soda kue atau cuka dan air hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes perasan jeruk lemon guna menghilangkan bau tajam cuka. Satu piring kecil berisi bubuk soda kue yang ditaruh di dalam kulkas juga dapat menyerap bau-bau tajam lain di kulkas Anda.

Jadwal perawatan lemari es

Jadwal bersih-bersih lemari es secara bertahap mencegah kulkas Anda menjadi terlalu kotor karena selalu dibersihkan sedikit demi sedikit. Sebagai panduan, berikut ini jadwal perawatan lemari es yang bisa Anda ikuti:
  • Jadwal harian: Pada saat Anda menyiapkan makan malam, sempatkan memeriksa apakah ada tumpahan di dalam kulkas. Semakin cepat tumpahan diatasi, semakin mudah pula untuk dihilangkan. Gunakan produk pembersih antibakteri, baik berbentuk tisu basah maupun semprotan, untuk mengelap gagang pintu kulkas yang rentan menjadi tempat penumpukan kuman.
  • Jadwal mingguan: Sebelum berbelanja mingguan, pilah-pilah isi kulkas Anda. Makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsanya harus langsung dibuang. Kalau ada makanan yang belum basi tetapi kemungkinan besar tidak akan dimakan lagi maka pertimbangkan memberikannya kepada tetangga daripada langsung membuangnya.
  • Jadwal bulanan: Untuk kegiatan bersih-bersih kulkas secara lebih menyeluruh luar dan dalam, keluarkan seluruh isi kulkas, termasuk rak dan laci, lalu seka semua bagiannya. Anda dapat mencicil kegiatan ini menjadi beberapa tahap dalam kurun waktu satu bulan.
  • Tips menjaga kebersihan kulkas

  • Hindari risiko kontaminasi makanan dengan cara menyimpan daging dan ikan mentah di rak kulkas paling bawah supaya tidak ada cairan yang menetes ke makanan di bawahnya.
  • Pisahkan masakan matang dan bahan makanan yang masih mentah.
  • Jangan biarkan makanan berjamur di kulkas karena bisa mencemari seluruh isi kulkas dan menyebarkan bakteri ke makanan lain.
  • Langsung simpan bahan makanan berlebih yang tidak dipakai untuk memasak. Sisa bahan makanan kalengan harus dipindahkan ke wadah plastik dan ditutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.
  • Bersihkan tumpahan apa pun secepat mungkin sebelum mengering.

Rekomendasi kami

Membersihkan kulkas sedikit demi sedikit membantu menjaga lemari es selalu bersih dan bebas bau tak sedap serta memperkecil risiko kontaminasi masakan dan bahan makanan di dalamnya. Sumber cleanipedia

Baca juga Trips Jitu Bikin Hemat Tagihan Listrik