Cara Merawat Oven

BEWARA PASUNDAN. Sebagian orang sering memakai oven rumah tangga bukan hanya untuk memanggang kue, melainkan juga untuk memasak aneka hidangan selain kue. Apa pun jenis oven Anda, oven mudah menjadi lokasi timbunan kotoran dari sisa-sisa makanan dan minyak selama pemakaian. Sisa-sisa makanan ini bisa memicu bau gosong dan mengubah permukaan dalam oven, baik warna maupun fungsinya. Perawatan oven secara teratur membantu memastikan oven tetap aman dipakai dan bekerja optimal. Cara merawat oven tergantung pada jenis dan cara kerja masing-masing oven.

Macam-macam oven

Berdasarkan fiturnya, oven dikelompokkan menjadi tiga jenis sebagai berikut:
  • Oven continuous cleaning. Jenis ini memiliki lapisan khusus pada dinding dalamnya guna mencegah kotoran melekat.
  • Oven self cleaning. Jenis ini merupakan keluaran terkini yang modern dan canggih dengan kemampuan mengubah remah-remah makanan menjadi abu.
  • Oven biasa. Jenis ini merupakan oven yang pada umumnya dimiliki kebanyakan rumah tangga—mencakup oven gas, oven listrik, dan oven tradisional/konvensional—dan perlu dibersihkan secara manual.

Periksa buku manual oven Anda untuk menentukan jenis oven di rumah Anda, lalu sesuaikan cara perawatannya.

Oven continuous cleaning

Berbeda dari kedua tipe oven di atas, oven continuous cleaning memiliki lapisan khusus pada dinding dalamnya yang terbuat dari porselen. Lapisan ini menghancurkan residu minyak dan makanan yang melekat pada permukaannya. Meskipun jenis ini mampu menjaga bagian dalamnya hampir selalu bersih, Anda perlu mengelapnya agar tetap bebas noda minyak. Gunakan campuran bubuk soda kue dan air hangat untuk mengelap interior oven. Hindari pemakaian bahan pembersih yang bersifat abrasif yang bisa mengikis lapisan porselen oven jenis ini.

Cara merawat oven self cleaning

Fitur khusus pada oven self clean bekerja pada suhu yang sangat tinggi (mencapai 480 derajat Celcius) untuk mengubah residu makanan yang melekat pada interior oven menjadi abu. Meskipun otomatis, Anda tetap perlu melakukan beberapa langkah berikut guna memastikan keamanan kerjanya.
  1. Buka jendela dapur guna melancarkan sirkulasi udara.
  2. Keluarkan semua rak dari dalam oven untuk dicuci secara terpisah memakai sabun cuci piring cair.
  3. Nyalakan oven pada pengaturan self clean pada saat dapur sedang dan tidak akan dipakai selama fitur ini berjalan beberapa jam. Sebagian oven mengunci secara otomatis selama proses pembersihan. Jika oven Anda tidak memiliki fitur pengunci otomatis, tinggalkan pesan atau beri tahu penghuni rumah bahwa oven sedang dibersihkan.
  4. Biarkan oven hingga dingin setelah proses selesai.
  5. Sapu abu yang dihasilkan, lalu lap seluruh bagian dalam dan pintu oven.

Cara merawat oven biasa


Salah satu bentuk perawatan oven adalah membersihkannya secara teratur. Pilih bahan pembersih yang akan Anda pakai, entah itu produk pembersih oven siap pakai atau buatan sendiri dengan cara mencampur bubuk soda kue dan air.
  1. Keluarkan semua rak dari dalam oven untuk direndam.
  2. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam oven secara merata dengan menghindari kipas dan elemen pemanas. Ikuti petunjuk pemakaian produk yang Anda beli.
  3. Diamkan pembersih bekerja selama sekitar 15 menit untuk menghancurkan kerak sisa-sisa masakan gosong.
  4. Sikat atau gosok permukaan dalam oven untuk mengangkat kotoran.
  5. Seka permukaan yang telah digosok dengan spons cuci piring dan ulangi proses pembersihan jika perlu.
  6. Bilas spons beberapa kali jika sudah kotor agar tidak menyebarkan kotoran ke bagian yang telah dibersihkan.
  7. Gunakan lap bersih dan basah untuk mengelap bagian dalam oven sekali lagi.