Tips Alami Cara Merawat Kuku

Tips Alami Cara Merawat Kuku .Menjadi bagian dari tubuh yang terus tumbuh, kuku tak boleh luput dari perawatan. Seperti halnya dengan rambut dan kulit, kuku juga perlu dirawat dengan cara-cara yang tepat. Salah satunya yakni mungkin dengan menambahkan cat kuku atau kuteks biar kuku tampak lebih cantik. Padahal, pemberian cat pada kuku dapat menghambat pertumbuhan kuku itu sendiri. Bahkan, penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan tak terduga dan serius pada kuku. Lantas, dapatkah memiliki kuku cantik tanpa kuteks? Bagaimana caranya? Dihimpun Treehuggercheck this out !

Rawat kutikula. Kutikula pada kuku berfungsi sebagai penghalang bagi bakteri. Memotong kutikula dapat menyebabkan infeksi yang menyakitkan. Kamu cukup melembabkan dan memotong bagian kulit mati. Jika kamu berencana untuk melakukan manicure konvensional, maka lindungi kutikulamu dengan mengoleskan dengan minyak zaitun atau minyak almond sebelumnya.

Lakukan perawatan alami pada kuku agar kuat. Siapkan 2 sdt minyak jarak, 2 sdt garam, 1 sdt minyak gandum. Campur dan masukkan ke dalam botol tertutup. Gosokkan sedikit ke kukumu. Biarkan selama 3 sampai 5 menit. Bersihkan. Lakukan sampai 20 sampai 30 kali. 

Makan dengan baik. Hal yang satu ini sangat penting untuk membuat kuku sehat. Protein sangat penting bagi kuku, seperti omega-3 dan asam lemak. Mengonsumsi makanan dengan vitamin B mampu mengurangi kerapuhan, zinc menghilangkan bintik-bintik putih, zat besi mencegah garis-garis pada kuku, kalsium membuat kuku kuat, vitamin A dan C mencegah kuku kusam dan kering. Jangan lupa minum air putih, biar tetap lembab.

Tips Alami Cara Merawat dan Mengatasi kuku yang rapuh

Perempuan memiliki banyak hal yang harus mereka rawat. Mulai dari ujung kaki, hingga ujung rambut. Selain kulit wajah dan rambut yang indah, kuku yang kuat dan sehat juga menjadi dambaan hampir setiap perempuan. Demi menjaga keindahannya, mereka sanggup mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk ke menicure dan pedicure. Salah satu masalah yang paling sering dialami para perempuan adalah kuku yang rapuh. Sering kali kukumu mengelupas dengan sendirinya. Atau, ketika terpentok atau tertekan sedikit saja, kukumu langsung patah. Kuku yang patah tak hanya membuat bentuknya menjadi tak indah, tapi kadang juga menimbulkan luka pada kuku pagian dalam. Kadang, ini bisa menjadi hal yang serius jika luka tersebut terlalu dalam dan terkontaminasi debu serta kotoran. Nah, buat kamu yang punya kuku rapuh, Bintang.com punya solusinya !

Konsumsi suplemen magnesium. Keshetan tubuhmu, mulai dari rambut hingga ujung kaki tak akan menjadi sempurna jika kamu tak mengonsumsi makanan yang sehat. Sarah Stacy dari Beauty Bibble mengatakan, tak ada kecantikan yang bisa kamu raih tanpa kesehatan dari dalam. Karena itu, dia menyarankan setiap perempuan yang kukunya rapuh untuk mengonsumsi suplemen magnesium. 

Konsumsi protein yang cukup. Seperti rambut dan kulit tubuhmu yang harus 'dikasih makan.' Nah, makanan rambut, kulit, dan juga kuku antara lain protein. Jangan khawatir, kalau kamu vegetarian, kamu juga bisa menggantinya dengan zat besi. Seperti yang ditulis Daily Mail, kedua zat ini akan membantu memperkuat jaringan pembentuk kuku sehingga lebih kokoh dan kuat 

Jangan terlalu sering menghiasnya dengan kuteks. Bukan hanya paru-parumu yang bernapas, tapi kukumu juga butuh oksigen. Kamu boleh saja menghiasnya dengan kuteks dan beragam hiasan kuku lainnya. Tapi, pastikan kamu menyediakan waktu minimal satu minggu tanpa kuteks. Kamu juga harus memastikan seluruh cat kuku hilang. 

Strengthener. Selain vitamin kuku, kamu juga harus rajin mengoleskan strengthener. Apa lagi ketika kamu ingin membentuk kuku dengan kikir atau alat lainnya. Tanpa strenghtener, kuku yang terkikis ini akan menjadi sangat rapuh dan mudah patah. Kalau kamu tak punya strengthener, kamu juga bisa menggunakan kuteks sebelum menggunakan kikir untuk membentuk kuku. Kuteks akan membuat kukumu lebih keras saat dikikir. Itu dia empat cara agar kukumu tak rapuh. Selain cara-cara di atas, kamu juga harus rajin memijat kukumu menggunakan minyak zaitun, agar kuat dan ternutrisi. Jangan lupa untuk melindungi kukumu saat mencuci baju atau piring dengan sarung tangan karet. Sabun yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada baju dan piring sangat keras dan akan membuat kukumu rapuh. 

CARA MERAWAT KUKU 
 
Merawat kuku agar tetap mengkilap adalah salah satu cara kecantikan untuk memiliki kecantikan yang alami. Cara perawatan tersebut bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami, atau juga ke perawatan untuk menghasilkan keindahan yang maksimal. Tetapi tidak semua orang bisa untuk pergi ke tempat perawatan, dikarenakan kesibukan dengan aktivitas, atau memang belum mempunyai uang untuk pergi ke tempat tersebut. Salah satu cara untuk mengkilapkan kuku agar terlihat lebih indah dengan tidak membuang waktu jauh-jauh ke salon, dilakukan di rumah juga bisa dan mudah dengan bahan alami seperti berikut ini: 

Bawang Putih, bawang putih sangat dikenal untuk bumbu masakan, tetapi disini kita alih funsikan sebagai ramuan untuk kuku. Bawang putih terbukti dapat membuat kuku lebih kuat dan tidak mudah patah. Hal tersebut sudah banyak dicoba dan ternyata sangat beda dengan orang yang tidak menggunakan cara ini. Adapun caranya kamu hanya cukup menancap-nancapkan bawang putih ke kuku dan menggosokkannya di bagian atas kuku. Lakukanlah cara ini berulang-ulang untuk mendapatkan kuku yang kuat dengan maksimal.

Kulit Semangka, setelah makan semangka sudah pasti kulitnya kita buang, tetapi sekarang kulitnya kita manfaatkan untuk perawatan kuku. Cukup hanya dengan menggesekkan kulit semangka pada kuku dan diamkan hingga air semangka yang ada di kuku mengering. Lalu bersihkan dan lap kuku kamu.

Belimbing Wuluh, warna hijau serta asam yang sangat mencekat ini dapat membuat kuku lebih terasa bersih apalagi pada selah-selah kuku dan juga tentunya membuat kuku menjadi mengkilap. Caranya mudah, hanya dengan menggosokkan kuku ke belimbing tersebut hingga kuku lebih kelihatan bersih.

Jeruk Lemon, jeruk mempunyai kandungan Vitamin C yang banyak sekali, dan jeruk bisa merawat kulit dan bisa juga untuk mengkilapkan kuku agar kelihatan lebih indah. Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa irisan jeruk lemon ke bagian permukaan kuku dan diamkan beberapa waktu. Setelah menggunakan cara ini, kuku akan lebih kelihatan bersih dan mengkilap. Selain itu dapat juga menghilangkan kekuningan pada kuku akibat cat kuku yang kurang benar.

Selain tips merawat kuku agar mengkilap di atas, kamu juga bisa banyak-banyak mengkosumsi air putih agar kuku lebih terasa lembab dan tidak kering, selain itu ditambah juga sayuran dan buah-buahan. Selamat mencoba di rumah ya
 
Tips Alami Cara Merawat Kuku diambil dari beberapa sumber.